Tuesday , March 19 2019
Home / Wisata / Batam / Wisata Sejarah Makam Nong Isa, Mengenal Sejarah Hari Jadi Kota Batam
Ziarah Makam Zuriat Hari Jadi Batam 189 Tahun
Ziarah Makam Zuriat Hari Jadi Batam 189 Tahun

Wisata Sejarah Makam Nong Isa, Mengenal Sejarah Hari Jadi Kota Batam

Wisata Sejarah Makam Nong Isa, Mengenal Sejarah Hari Jadi Kota Batam.

 

Makam zuriat Nong Isa terletak di Kecamatan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Di makam inilah, tempat untuk mengenal dan mengingat kembali perjalanan panjang Kota Batam. Ziarah Makam zuriat Nong Isa selalu menjadi agenda dalam rangkaian hari jadi Kota Batam.

 

PLT Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan akan menjadikan Destinasi Makam Nong Isa menjadi destinasi sejarah di Kota Batam. Wisatawan akan mengetahui sejarah Batam di destinasi ini nantinya.

“Di Makam ini ada sesuatu keunikan yaitu jumlah anak tangga yang tidak sama ketika naik dan turun”, Bagi wisatawan yang mendapatkan hasil yang sama konon orang tersebut akan murah rejeki dan panjang umur,. Melalui keunikan ini Dinas Kebudayan dan Pariwisata akan membuat paket wajib bagi travel agent untuk membawa tamu ke Makam Zuriat Nong Isa ini, Papar Ardiwinata.

 

Sejarah Nong Isa

Nong Isa atau Raja Isa Ibni Raja Ali Marhum Pulau Bayan Yang Dipertuan Muda V adalah putra dari Raja Ali Marhum Pulau Bayan yang Dipertuan Muda V. Nong Isa mempunyai dua orang istri, salah satunya Raja Wok Ibni Raja Abdullah.

Dari kedua istrinya, Nong Isa memiliki empat putra yaitu, Raja Yakub, Raja Idris, Raja Daud, dan Raja Husen.

Nong Isa merupakan pemegang perintah atas wilayah Nongsa dan Rantaunya selama lima tahun. Kuasa itu dikeluarkan oleh Komisaris General sekaligus Residen Riau atas nama Sultan Abdul Rahman Syah (1812-1832), dan Yang Dipertuan Muda Riau VI Raja Jakfar (1808-1832).

Kuasa tersebut diberikan pada 22 Jumadil Akhir 1245 H atau bertepatan dengan hari Jumat, 18 Desember 1829 M. Ini pula yang dijadikan landasan penetapan Hari Lahir Kota Batam, yang diperkuat dengan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 4 Tahun 2009

Di literatur disebutkan, Nong Isa meninggal di hulu Sungai Nongsa pada tahun 1831 M. Naskah asli kuasa tersebut saat ini tersimpan di Museum Nasional Jakarta.

 

 

Check Also

Kebun Raya Batam, Destinasi Baru Ekowisata Batam

Kebun Raya Batam, Destinasi Baru Ekowisata Batam

Kebun Raya Batam, Destinasi Baru Ekowisata Batam.   Batam akhirnya memiliki atraksi wisata baru yaitu …

2 comments

  1. Bisa dikunjungi oleh umum juga ya makam raja Isa dan keluarganya?

Leave a Reply