Home / Wisata / Natuna / Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona

 

Kepulauan Riau memiliki beragam wisata bahari yang sangat mempesona dan wajib anda datangi. Pulau Natuna salah satu Pulau di Kepulauan Riau yang juga memiliki beragam wisata bahari. Banyak Pantai di Natuna yang di kelola oleh masyarakat sekitar dan swasta. Pantai – pantai tersebut memiliki beragam kelebihan dan kekurangan nya masing – masing tentunya. Berikut pantai – pantai yang ada di Batam yang bisa menjadi tempat rekleasi kamu bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan kamu.

 

1.  Pantai Sengiap

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona
Pantai Sengiap Natuna

Pantai Sengiap berada dalam kawasan Bunguran Timur Laut. Jarak pantai Sengiap dari kota Ranai sekitar 25 km dengan waktu tempuh dengan kendaraan darat 1 jam. Salah satu keunikan pantai ini adalah, ketika anda menginjakan anda berjalan di pesisir pantainya, maka pasir putihya berbunyi seperti bunyi bisikan. Cuaca di pantai ini sangat panas lantaran tidak terdapat pohon rindang di sana. Karan itu sangat disaranakn membawa topi bertepi lebar, sunblock serta upayakan selalu menggunakan t-shirt berbahan katun yang gampang menyereap keringat. Jangan lupa, membawa bekal atau cemilan dan minuman ketika ketempat ini

 

2. Pantai Pasir Marus

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona
Pantai Pasir Marus Natuna

Pantai Pasir Marus terletak di Kecamatan Bunguran Barat tepatnya di Pulau Sedanau. Dari Natuna Besar, agar bisa menyeberang ke Sedanau, Anda bisa menumpang kapal feri dari Pelabuhan Binjai. Dari Ranai, ibukota Kabupaten Natuna yang terletak di sisi timur Natuna Besar, butuh waktu sekitar 45 menit berkendara menuju Pelabuhan Binjai yang ada di sisi barat. Anda bisa menumpang angkutan khusus menuju Pelabuhan Binjai dengan ongkos Rp 25.000.Tarif penyeberangan ke Sedanau Rp 36.000 per orang.

untuk menuju ke Pantai Pasir Marus, dari Pelabuhan Sedanau, Anda cukup berjalan kaki selama 10 menit, sembari olahraga dan melihat pemukiman penduduk dan aktivitasnya di sepanjang jalan.

 

untuk menuju ke Pantai Pasir Marus, dari Pelabuhan Sedanau, Anda cukup berjalan kaki selama 10 menit, sembari olahraga dan melihat pemukiman penduduk dan aktivitasnya di sepanjang jalan.

 

3. Pantai Sisi Natuna

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona
Pantai Sisi Natuna

Pantai Sisi yang terletak di Kecamatan Serasan. Untuk menuju Serasan, traveler harus menempuh perjalanan laut dari ibukota Kabupaten Natuna yakni Ranai. Biasanya, masyarakat lokal naik KM Bukit Raya milik PT Pelni yang rutin mengarungi lautan dari Ranai ke Serasan. Naik KM Bukit Raya, waktu tempuhnya mencapai 10-11 jam perjalanan. Namun begitu tiba di Serasan dan melihat Pantai Sisi, semua letih itu terbayar sudah. Pantai Sisi memiliki panjang sekitar 7 Km dengan pasir putih yang berkilauan.

Untuk fasilitas, di lokasi pantai terdapat sebuah kafe tempat pengunjung menikmati aneka makanan dan minuman. Menyeruput kopi atau teh seraya melihat pemandangan laut lepas dan hamparan pasir putih dan desiran ombak yang menggulung, serta pemandangan sunset di sore hari.

4. Pantai Cemaga Natuna

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona
Pantai Cemaga Natuna

Pantai ini terletak di kecamatan Bunguran Selatan melintasi 3 desa mulai dari desa cemaga selatan,cemaga kota hingga cemaga tengah. Bentangannya mencapai radius 5 Km dari bibir pantai hingga tepian batas air laut ketika pasang mencapai 10-15 meter. Pantai cemaga sendiri lokasinya mudah dicapai, hanya berjarak sekitar 23 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil. Sebagai tips tambahan bawalah bekal makanan secukupnya karena restoran tidak tersedia di kawasan ini. Tidak satupun pondok penginapan di pantai cemaga ini tersedia. Satu-satunya cara jika ingin bermalam disini adalah dengan menginap di rumah penduduk atau memasang tenda di tepi pantai atau lokasi-lokasi yang berdekatan dengan rumah warga sekitar. Bawalah peralatan yang diperlukan

 

5. Pantai Setai Natuna

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona
Pantai Setai Natuna

Pantai ini Letaknya berada dalam kawasan Kecamatan Pulau Tiga dan bersebelahan dengan Pulau Setanau, untuk dapat sampai ke pulau ini kita harus menuju ke Pelabuhan Selat lampa terlebih dahulu jika beragkat dari Ranai, kemudian sewalah pompong masyarakat yang berada di kawasan pelabuhan dengan haraga kisaran 400 Ribu – 500 ribu, untuk mengantar dan menjemput kita. Hanya butuh waktu sekitar kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai di Pulau Setaii dari pelabuhan Selat Lampa. pulau yang tak kalah dengan Pulau Setanau ini tepat berada di sisi baratnya. Pulau ini memiliki bibir pantai berkisar 5 meter saja namun anda akan disajikan beraneka biota laut seperti karang dan ikan yang seliweran di pinggir pantainya.

Anda bisa memilih menghabiskan malam di Pulau Setanau atau Pulau Setai, karena keduanya memiliki keindahan yang sulit untuk dipilih, jangan lupa bawalah topi bertepi lebar dan perlengkapan lainnya seperti lotion anti nyamuk dan sunblock jika ingin bermalam. Sertakan Kamera dengan baterai yang terisi penuh, jika perlu bawalah baterai cadangan agar anda tak melewatkan momen-momen berharga selama berlibur di pulau ini.

 

6. Pantai Batu Kasa / Pantai Cemaga Natuna

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona
Pantai Batu Kasah / Pantai Cemaga Natuna

Pantai ini terletak di Kecamatan Bunguran Selatan. Bentangnya mencapai radius tidak kurang dari 5 km. Hampir seluruh permukaan pantainya diselimuti dengan pasir putih. Dari bibir pantai hingga tepian batas air laut ketika pasang, bentangnya mencapai 10-15 meter. Sementara sisi darat, berdiri ribuan pohon kelapa tinggi menjulang, jadi pagar hidup yang memelok wajah pantai ini. Pantai Batu Kasah dapat ditempuh dari kota Ranai dengan menggunakan kendaraan darat dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Kemudian kondisi jalanpun sudah sangat bagus.

 

Restoran atau rumah makan tidak tersedia di pantai ini. Karena itu bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya. Fasilitasi akomodai juga tidak tersedia, satu-satunya cara bila ingin bermalaman dipatani ini adalah dengan membawa tenda.

 

7. Pantai Sahi Natuna

Wisata Pantai di Natuna yang Mempesona
Pantai Sahi Natuna

Pantai Sahi dikenal salah satu pantai yang memiliki garis pantai cantik di Kecamatan Bunguran Timur Laut. Ia juga tersohor karena posisinya berhadapan dengan Pulau Sahi, pulau kecil berbatu yang berjarak hanya beberapa ratus dari garis pantai. Pantai Ini bias ditempuh menggunakan kendaraan mobil dan sepeda motor. Jarak Pantai Sahi dari kota Ranai sekitar 25 km dengan waktu tempuh selama 45 menit.

Dari kota Ranai kemudikan saja kendaraan kearah Pantai Tanjung lurus saja hingga akan terlihat pulau kecil berbatu, maka disitulah letak Pantai Sahi. Jika anda juga ingin menuju Pulau Sahi, ketika air laut sedang surut maka anda bias berjalan kaki saja. Keunikan dari Pulau Sahi ini adalah karena posisinya yang dekat denga bibir pantai dan pantainyapun benar-benar masih alami dan lautnyapun sangat bersih hingga cocok bagi anda untuk snorkeling.Pulau Sahi sendir tergolong pulau kecil, luasnya sekitar 1 hektar dengan tinggi sekitar 40 meter.

 

Sumber Foto & Ulasan : Disparbud Natuna

Check Also

Vihara Ksitigarbha Budhisattva Seribu Patung Tanjung Pinang

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva Seribu Patung Tanjung Pinang

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva Seribu Patung Tanjung Pinang. Viara Ksitigarbha Budhisattva atau yang lebih disebut viara …

4 comments

  1. bagus2 pantainya min….. gregetan jadinya hati ini liat bening nya laut natuna

  2. Pantainya masih bersih ya sepertinya, jadi pengen kesana 😀

Leave a Reply