Home / Travelling Indonesia / Taman Bungkul Taman Ikonik di Surabaya
Taman Bungkul Taman Ikonik di Surabaya
Taman Bungkul Taman Ikonik di Surabaya

Taman Bungkul Taman Ikonik di Surabaya

Taman Bungkul Taman Ikonik di Surabaya.

Tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke pusat kota Surabaya, jika kamu sudah menginjakkan kaki di kota ini. Ibu kota dari Jawa Timur ini memiliki berbagai area ramah lingkungan yang layak untuk kamu kunjungi. Salah satunya berupa taman ikonik bernama Taman Bungkul.

Taman Bungkul terletak di atas lahan seluas 900 m2 yang terbagi atas beberapa area. Lokasi taman ini terletak tepat di Jalan Raya Darmo, Surabaya, Jawa Timur.

Untuk sampai ke taman ini, kamu bisa menggunakan berbagai transportasi yang tersedia di kota Surabaya. Namun, jika kamu berada di luar kota, pastikan kamu menggunakan jasa transportasi yang sesuai dengan bujet dan kebutuhanmu

Sebelum tiba di Taman Bungkul, kamu tentu harus sampai di kota Surabaya. Untuk tiba ke kota ini, kamu bisa melalukan perjalanan darat, laut dan udara. Namun, memilih menggunakan perjalanan darat merupakan salah satu cara termurah untuk tiba ke kota ini.

Salah satunya dengan menggunakan kereta api. Moda transportasi massal ini berjalan melalui beberapa stasiun yang tersedia di provinsi Jawa Timur dan kota Surabaya. Berbagai nama kereta api serta kelas yang berbeda-beda tersedia bagi kamu yang ingin menggunakan alat transportasi ini.

Kamu bisa memilih kereta sesuai dengan kelas yang kamu inginkan. Jika kamu berangkat dari kota Jakarta dan ingin berada di kelas eksekutif, kamu bisa menggunakan kereta Argo Bromo Anggrek dari Stasiun Gambir. Namun, jika kamu memiliki bujet perjalanan yang tipis, kamu bisa mengandalkan kereta api ekonomi seperti Kertajaya.
Harga tiket kereta api Kertajaya tentu berbeda dengan kereta api eksekutif Argo Bromo Anggrek. Kereta yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen ini mematok tarif setidaknya sebesar Rp270 ribu untuk sekali perjalanan menuju Surabaya.

Kamu bisa membeli tiket kereta tersebut langsung pada loket stasiun asal keberangkatan. Namun agar lebih praktis dan hemat biaya, kamu bisa membeli tiket KA Kertajaya di situs Traveloka, sebagai salah satu layanan penjualan online yang telah bekerja sama dengan PT KAI (Kereta Api Indonesia).

Setelah kamu memastikan tiket telah diterima dengan baik, maka ada baiknya kamu mempersiapkan rencana perjalanan melihat Taman Bungkul tersebut. Sebelum kamu menjelajahi taman ini lebih lanjut, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal penting terkait taman ini.

Apa saja hal penting yang dimaksud?

  1. Area berkumpul
    Tak hanya menjadi salah satu ikon dari berbagai ikon yang ada di kota Surabaya, Taman Bungkul juga menjadi tempat berkumpul yang nyaman bagi warga Surabaya. Pada akhir pekan, taman ini ramai dikunjungi warga, mulai dari usia muda hingga tua. Warga bisa melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, bercengkerama atau menikmati jajanan kuliner yang ditata rapi di area tertentu taman ini.  Tak hanya itu, warga juga bisa menikmati sajian live music yang biasa disajikan di atas panggung kecil saat akhir pekan.
  1. Fasilitas
    Melihat tingginya antusias warga akan taman ini, pemerintah kota Surabaya mulai membenahi kondisi taman dan menambah berbagai fasilitas penunjang bagi setiap warga yang berada di taman ini. Fasilitas seperti wi-fi gratis atau area skateboard bisa dinikmati oleh siapapun yang berada di taman ini. Tak hanya fasilitas jaringan, pemerintah juga menempatkan beberapa wastafel yang menyajikan air layak minum di taman ini. Serupa dengan fasilitas yang biasa ditemui di luar negeri, air ini bisa segera ditenggak kapan saja.
  2. Tanaman dan air mancur
    Kamu akan menemukan berbagai tanaman indah saat berada di taman ini. Rumput, bunga dan pohon di taman ini sudah ditata dengan sangat baik dan sungguh memikat mata. Kamu juga bisa menemukan air mancur yang bisa memancarkan cahaya indah di malam hari saat berada di sini.
  3. Wisata kuliner Taman Bungkul
    Tidak lengkap rasanya jika tidak menyantap kudapan saat bersantai di taman. Itulah mengapa pemerintah kota Surabaya menyediakan pusat jajanan sentra PKL (Pedagang Kaki Lima) untuk memudahkan warga mencari makanan yang sesuai seleranya. Kamu bisa menemukan berbagai kuliner khas Surabaya dan Jawa Timur seperti rujak cingur, lontong balap, lontong mie di sini. Dijamin kamu pasti ketagihan!

Nah itulah empat hal yang perlu kamu ketahui sebelum akhirnya menginjakkan kaki di taman ikonik ini. Pastikan kamu membawa kamera untuk mengabadikan gambar saat berada di taman ini.

Leave a Reply