Home / Review / Melihat Pesona Anambas pada Festival Padang Melang
Festival Padang Melang
Festival Padang Melang

Melihat Pesona Anambas pada Festival Padang Melang

Melihat Pesona Anambas pada Festival Padang Melang.

Anambas , Siapa yang belum mengenal Anambas. Kabupaten kepulauan yang terdiri dari 255 pulau, langit biru, Laut bersih penuh pesona, dan hamparan pasir putih. Pemandangan yang mempesona bahkan disuguhkan saat anda turun dari Kapal. Anda akan disuguhkan pemandangan yang hijau dan biota laut yang bisa dilihat dengan kasat mata. Pada 10 Mei 2017 saya dan rombongan dari dinas pariwisata kepri berangkat bersama untuk hadir dalam Festival Padang Melang yang diselengarakan pada 11-13 Mei 2017. Untuk menuju Anambas ada dua opsi yaitu melaui laut dan udara. Melalui laut kita menghabiskan 7 jam waktu perjalanan. Sesampainya di Pulau Jemaja kita tidak akan menemukan sebuah hotel tinggi menjulang, Tetapi disini terdapat fasilitas penginapan Wisma yang setara hotel bintang 3. Bahkan untuk kendaraan anda cukup di sarankan merental motor agar bisa lebih leluasa untuk mengexplorer pulau jemaja.

 

Festival Padang Melang diselenggarakan di Pantai Padang Melang yang merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang yaitu 7,6 KM. Festival ini diisi dengan berbagai perlombaan olahraga pantai seperti lomba kano, jongkong dan lopek, renang, volly pantai serta permainan rakyat lainnya. Tersedia pula Pameran Rumah Budaya, Parade Panggung Budaya, Bazar Kuliner, Oleh-oleh serta kerajinan UKM, Pagelaran Kemilau Batik Cual. Serta Tour de Jemaja Island dimana pengunjung akan dimanjakan dengan kesejukan air terjun Neraja dan Air Biru, ketenangan area persawahan Bukit Padi, keindahan pantai Kusik dan Padang Melang.

Pantai Padang Melang
Pantai Padang Melang

Pada saat pembukaan Festival Padang Melang seluruh warga berbondong bondong berkumpul di Pantai Padang Melang untuk meramaikan Festival. Malam yang begitu meriah bahkan semakin  larut semakin meriah. dengan dibuka dengan tarian tarian tradisional salah satunya tarian kolosal khas anambas yaitu Rentak Zapin dan Tari Gobang . Hingga puncak pembukaan festival acara di tutup dengan meriah dengan menerbangkan 100 lampion sebagai pertanda dibukanya Festival Padang Melang dan sebuah harapan agar pariwisata anambas dapat membumbung tinggi.

Acara Pembukaan Festival Padang Melang
Acara Pembukaan Festival Padang Melang
Acara Pembukaan Festival Padang Melang
Pelepasan Lampion Oleh Kadispar Kepri Pak Boerlimar.

 

Foto Bersama dengan Anak Penari Dalam Festival Padang Melang
Foto Bersama Pak Boerlimar ( Kadispar Kepri ) dengan Anak Penari Dalam Festival Padang Melang

 

Festival Padang melang
Pelepasan Tukik Oleh Gubernur Nurdin Basirun

Di hari ketiga dimana puncak festival padang melang. Dimana festival dimeriahkan dengan pelepasan 5000 ekor tukik ( anak penyu ) yang masuk rekor Muri sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian satwa langka yang terdapat di pulau Jemaja. Festival Padang Melang akan menjadi event tahunan yang sudah masuk dalam kalender event nasional. Yang diharapkan mampu mendatangkan wisatawan untuk datang ke Anambas.

 

 

Check Also

Allium Hotel Batam

Allium Hotel Batam Review

Allium Hotel Batam. Sebuah Hotel bintang 4 yang berada disalah satu kawasan perdagangan kota Batam …

Leave a Reply