Tuesday , October 22 2019
Home / Uncategorized / Kementerian Pariwisata Gelar Seminar Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Kota Batam
Seminar Tata Kelola Destinasi Pariwisata
Seminar Tata Kelola Destinasi Pariwisata

Kementerian Pariwisata Gelar Seminar Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Kota Batam

Kementerian Pariwisata Gelar Seminar Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Kota Batam.

Terpilihnya Kota Batam sebagai tempat diselenggarakan Seminar yang dihadiri oleh 200 Peserta yang berasal dari Kementerian Pariwisata yang diwakili oleh ibu Oneng Setya Harini Selaku Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Perwakilan Dinas Pariwisata dari 33 Cluster yang tersebar dari 25 Provinsi , Asosiasi Usaha dan Profesi di bidang Pariwisata serta Akademisi. Ini guna mendukung Great Batam setelah Great Jakarta dan Great Bali dan juga sebagai wujud nyata dukungan pemerintah dalam mempromosikan industri pariwisata di Kepri yang memiliki potensi besar.

Seminar ini memiliki 6 Tema inti yaitu

  1.  Wisata Perbatasan ( Crossborder Tourism )
    Pengembangan Wisata di Perbatasan merukan salah satu wujud Nawa Cita yaitu membangun dari pinggiran. Seperti batam yang berbatasan langsung dengan singapura dan malaysia memiliki potensi kunjungan wisman yang sangat besar jika memiliki event – event yang menarik
  2.  Pariwisata Berkelanjutan ( Sustainable Tourism )
    Dimana Kementerian Pariwisata memiliki komitmen dalam memperhatikan aspek pariwisata yang berkelanjutan . Dengan menjaga lingkungan pariwisata agar tetap dilestarikan agar dapat mensejahterakan
  3. Wisata Halal ( Halal Tourism )
    Sedang gencarnya Wisata Halal saat ini . Mendorong beberapa daerah ingin mengembangkan wisata halal dengan memperhatikan beberap aspek dalam mewujudkanya.
  4.  Pondok Wisata ( Homestay )
    Sama halnya dengan wisata halal saat ini Home Stay sedang familiar di pariwisata dunia. banyaknya turis yang lebih menginginkan berwisata agar lebih dekat dengan masyarakat local. mendoro kementerian pariwisata mengembangan Homestay
  5. Wisata Budaya ( Culture Tourism )
    Indonesia yang memiliki beragam budaya merupakan aset penting yang wajid di perlihara . Karena tidak sedikit wisman yang berwisata ke Indonesia sangat menikmati wisata budaya.
  6. Wisata Bahari ( Marine-Based Tourism )
    Merupakan fokus produk wisata yang juga menjadi fokus pemerintah dalam rangka mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Dari 6 tema itu sampailah pada salah satu tema yang tidak kalah pentingnya yaitu mendigitalkan Pariwisata di Indonesia. Yang dimana Semakin Digital,Semakin Global. Dierah yang sudah serba digital dinas pariwisata kabupaten,kota dan provinsi di dorong agar meningkatkan promosi melalui digital.

Check Also

Finalis Miss Tourism Worldwide 2019 Tampil Memukau mengenakan Batik Batam

Batik Batam besutan karya desaigner lokal Natasya  Rofina tampil menawan saat dikenakan Finalis Miss Tourism …

Leave a Reply