Uncategorized

Kampong Teripang Bintan, Edu-ecotourism Di Bintan

Di Kepulauan Riau tepatnya di Bintan terdapat sebuah edu-ecotourism bernama “Kampong Teripang”. Letaknya di Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang. Destinasi wisata yang menawarkan wisata rekreasi dan edukasi berbasis sumberdaya bahari yakni teripang, atau lebih dikenal dengan sebutan gamat bagi penduduk tempatan.

Kampong Teripang Bintan

Pernah menyentuh teripang secara langsung? Lalu, makan masakan dengan berbahan dasar teripang di sebuah cootage atas laut? atau minum kolagennya? Kayaknya, jarang ya bisa melakukan itu secara bersamaan. Eits, Bintan punya jawabannya.

Pengembangan edu-ecotourism berbasis teripang ini merupakan yang pertama di dunia. Karena populasinya yang belum banyak dibudidayakan oleh sebagian nelayan, Kampong Teripang memiliki tujuan besar dan dampak yang sangat menguntungkan bagi perekonomian serta sektor kemasyarakatan. Seperti perkembangan ekonomi kreatif, kesempatan kerja, peningkatan kualitas keterampilan dan pengembangan sosial ekonomi.

Bukan sekadar biota laut yang bisa Anda lihat ketika asyik snorkling saja, nyatanya hewan ini bisa dimakan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kampong Teripang punya banyak produk dari teripang dan protein ikan yang dibuat sendiri. Misalnya kolagen, serum wajah, biskuit dan juga makanan dan minuman.

Sajian Lezat Teripang di Longdrip

Putri pariwisata Kepulauan Riau saat mencicipi kuliner di Longdrip Kampong Teripang
Putri pariwisata Kepulauan Riau saat mencicipi kuliner di Longdrip Kampong Teripang

Teripang adalah hewan laut yang bentuknya seperti cacing atau ulat, cukup besar dan lunak. Dapat ditemukan secara liar di dasar laut dangkal.

Sering dijuluki timun laut, hewan ini umumnya diambil dan dijadikan obat China untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain dijadikan obat, umumnya dikonsumsi dengan cara dikeringkan, digoreng, diasamkan, atau bahkan dimakan mentah-mentah.

Biota ini memiliki rasa daging yang sedikit hambar. Untuk menjadikannya lebih nikmat, seringnya dicampur ke dalam tumisan atau sup.
“Selain produk kesehatan, Kampong Teripang juga menyajikan makanan di Longdrip cafe. Masakannya berbahan dasar teripang dan protein ikan yang kita buat dan olah disini. Ada nasi bakar teripang, lakse, es krim, sunset collagen dan masih banyak lagi

Menginap di Atas Kelong Melamun


Hamparan laut yang tenang dengan kejernihan air seperti kaca. Ikan berwarna-warni meliuk-liuk bebas di dalam air. Wah, Pemandangan sempurna saat berada di Kelong Melamun.

Melamun Kelong Resort

Cottage di atas laut ini menyediakan penginapan yang nyaman dan tenang. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan disini mulai dari memancing, berenang, bermain kano, snorkeling bahkan diving. Serunya lagi, juga bisa spa di tengah laut. Harga bermalam disini mulai dari harga Rp 350 ribu hingga Rp 1 juta.

Menikmati secangkir kopi sambil menikmati pemandangan sunset dapat juga kamu nikmati di Kampong Teripang Melamun Resort. dilanjutkan dengan makan malam bbq bersama.

Sensasi Berkarang Teripang

Ini uniknya di Kampong Teripang dan menginap di Melamun. Pengunjung dapat merasakan pengalaman mencari teripang di tengah malam saat air surut yang sering disebut berkarang.

Bekarang tak jauh dari Penginapan

Belajar Kerajinan di Club Kampong Teripang

Selain dikenalkan tentang sejarah, pengolahan dan manfaat Teripang, menginap dan berkarang, Anda juga diajari beberapa keterampilan di Club Kampong Teripang. Ada beberapa kegiatan yang disediakan untuk pengunjung. Misalnya, tamu akan diajak membuat lotion, sabun, kokedama dan lainnya.

Membuat macrame bersama Club Kampong Teripang.

Bagaimana, Serukan? Banyak hal bisa Anda temukan disini seputar teripang. Yuk, rencanakan liburan ke Kampong Teripang. Untuk memudahkan rencana Anda bersama teman dan sahabat, dapat menghubungi Travelilov (+6281275006080).

3 Comments

  1. Wah keren banget ini, tidak hanya sekedar mengandalkan penginapan biasa aja namun edukasi tentang Hewan Teripang juga bisa kita dapatkan disini, kerennn

Leave a Reply

Back to top button