Friday , April 19 2019
Home / Wonderful Indonesia / Ikutan Yuk Imlek Seru di Festival Cian Cui 2019 Meranti
Ikutan Yuk Imlek Seru di Festival Cian Cui 2019 Meranti
Ikutan Yuk Imlek Seru di Festival Cian Cui 2019 Meranti

Ikutan Yuk Imlek Seru di Festival Cian Cui 2019 Meranti

SELATPANJANG – Kalian mau ikut perayaan Imlek 2570 yang seru? Datang saja ke Meranti, Riau. Di sana ada Festival Cian Cui atau Perang Air 2019 yang dijamin seru. Karena, kegiatan ini akan diwarnai juga dengan beragam aktivitas budaya hingga live music.

Festival Cian Cui akan digelar 5-10 Februari 2019. Kegiatannya dipusatkan di jalanan protokol Kota Selatpanjang, Meranti, Riau. Aktivitas ini akan dilakukan selama 6 hari penuh mulai pukul 16.00-18.00 WIB. Untuk pagelaran seni budaya digelar 18.30-24.00 WIB.

“Imlek harus dirayakan secara spesial. Perang Air ini event yang unik. Untuk kemasan di tahun ini akan dibuat menarik. Yang jelas memberi experience yang berbeda. Sejauh ini persiapan eventnya sudah matang. Koordinasi dengan berbagai stakeholder sudah dilakukan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Meranti Rizki Hidayat, kemarin.

Festival Cian Cui adalah tradisi tahunan masyarakat Meranti. Mereka membagikan rasa gembira dengan ‘perang-perangan’. Amunisinya tidak berbahaya, karena memakai air. Mereka membentuk grup dan saling serang dengan moda transportasi tradisional. Bila kalian ingin ikut sebagai peserta, siapkan kocek Rp100 ribu hingga Rp150 ribu untuk sekali pawai.

“Perang Air menjadi event yang menarik. Ada banyak wisman yang datang dan ikut bergabung dalam Perang Air. Semuanya bergembira bersama sambil berbasah-basahan. Pokoknya sangat meriah. Dan, ini berlangsung setiap sore. Jadi, pastikan event ini tidak terlewatkan,” ujarnya.

Pesona Cian Cui memang kuat. Saat Perang Air 2018, event ini banjir wisatawan. Total wisatawan yang berkunjung mencapai 24.181 orang. Rinciannya, ada 23.587 wisnus dan 594 orang wisman. Untuk wisman, mayoritas berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, dan Tiongkok.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa menilai event ini luar biasa.

“Kegembiraan perayaan Imlek harus dilakukan di Festival Cian Cui. Perang Air ini sangat luar biasa. Animo publik sangat tinggi. Mereka ini selalu menanti untuk bisa ambil bagian dalam Festival Perang Air. Semuanya tumpah ruah di jalanan,” terang Rizki, yang biasa disapa Kiki.

Festival Cian Cui akan menjadi paket wisata lengkap. Sebab, ada 4 sub event yang digelar sepanjang 6 hari. Ada Lomba Lampu Lampion, 5-10 Februari 2019. Festival Lampu Lampion terbuka untuk umum. Dijamin Kota Selatpanjang akan indah dengan warna warni lampion di malam hari.

“Ada banyak kegembiraan yang bisa dinikmati selama berada di Kota Selatpanjang. Lampu Lampion ini akan memberi sensasi tersendiri, khususnya di malam hari. Semua pasti akan terlihat indah,” ujar Kiki.

Event lain yang tidak bisa dilewatkan adalah Festival Barongsai yang akan dirilis mulai 5-7 Februari. Kemeriahan ini bisa dinikmati mulai pukul 13.00 WIB. Ada juga Malay Jazz Music Festival digulirkan Minggu (10/2) mulai pukul 18.00 WIB. Konsepnya menarik. Genre jazz akan diadopsi ke dalam konsep Melayu. Malay Jazz Music Festival menjadi bentuk pertukaran budaya.

“Kemasannya sangat menarik. Festival Cian Cui sangat menginspirasi. Semua latar belakang budaya ini bersanding bersama. Bahkan rasa modern melebur bersama nuansa tradisional,” jelas Kiki lagi.

Nuansa Imlek akan semakin keren dengan Meranti Night Culture Festival, 5-10 Februari 2019, mulai pukul 18.00-22.00 WIB. Meranti Night Culture Festival ini merupakan kegiatan budaya dan pameran. Didalamnya ada souvenir, kuliner, fashion, juga lainnya.

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan, Festival Cian Cui fenomenal.

“Harus diakui Kota Selatpanjang dan seluruh wilayah Meranti adalah spot terbaik merayakan Imlek. Di sini sangat fenomenal, apalagi ada Cian Cui. Kami mengundang seluruh masyarakat, baik domestik dan mancanegara untuk datang ke sini. Sebab, semua yang terbaik tersedia lengkap di sini,” tegas Dessy.

Penyelenggaraan Festival Cian Cui 2019 pun mendapatkan apresiasi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar mengungkapkan, Cian Cui sebagai salah satu atraksi terbaik Imlek 2570.

“Cian Cui ini sangat unik. Kemasannya selalu berbeda setiap tahun. Saat ini pasti ada kejutan yang sudah disiapkan. Ini tentu event terbaik dari Imlek. Selamat merayakan Imlek, Gong Xi Fa Chai,” tutup Menpar

Check Also

Musisi Ternama Siap Meriahkan Border Stage Red-White Festival 2019

Musisi dalam dan luar negeri dari berbagai genre siap meriahkan event Border Stage Red-White Festival …

Leave a Reply