Monday , October 22 2018
Home / Festival / Festival Lampu Colok Karimun, Tradisi Budaya Melayu saat Ramadan

Festival Lampu Colok Karimun, Tradisi Budaya Melayu saat Ramadan

Festival Lampu Colok Karimun, Tradisi Budaya Melayu saat Ramadan

Festival Lampu Colok Karimun, Tradisi Budaya Melayu saat Ramadan.

 

Festival lampu colok merupakan tradisi masyarakat Melayu yang diwariskan secara turun temurun dalam menyambut malam 27 Ramadan. Penyalaan lampu colok di sekeliling rumah dan pinggir jalan bertujuan untuk menyambut turunnya malaikat pada malam lailatul qadar.

Festival Lampu Colok untuk memeriahkan kegiatan ibadah puasa kembali digelar Pemerintah Kabupaten Karimun tahun ini. Menyalakan lampu colok merupakan tradisi masyarakat Karimun sejak dulu pada bulan puasa.

Tahun ini sama seperti tahun sebelumnya untuk memeliharah tradisi ini maka diadakan perlombaan Festival Lampu Colok yang diikuti seluruh lapisan masyarakat yang membentuk kelompok di tingkat rt atau kelurahan.

Tradisi menyalakan lampu colok atau sejenis lampu pelita yang disusun sedemikian rupa dalam jumlah yang banyak hingga membentuk suatu arsitektur religi dan sejenisnya. Festival ini panitia akan menilai arsitektur bangunan gapura yang bernuansa islami, kemeriahan dan keindahan lampu colok di kawasan gapura turut menjadi penilaian juri nantinya.

Partisipasi masyarakat dalam memeriahkan festival lampu colok ini juga menjadi penilaian juri, sedangkan gapura yang akan dibangun nanti harus memiliki tinggi minimal 4 meter dan lebar asal tidak mengenai drainase dan badan jalan.

Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Karimun H. Zamri mengatakan, pihaknya menyediakan hadiah kepada pemenang festival yang akan diserahkan pada saat malam takbiran. Pemerintah Kabupaten Karimun akan menjadikan festival tersebut ajang tahunan yang bisa digunakan untuk menarik perhatian wisatawan asing berkunjung ke Karimun.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Boerlimar mengatakan, Kabupaten Karimun merupakan salah satu pintu masuk wisman ke Kepri, Boerlimar berharap kabupaten karimun memiliki event-event internasional untuk menggenjot kunjungan wisman.

Calon peserta yang ingin mengikuti Festival Lampu Colok dapat menghubungi:

Ilham – 0852 1382 7262

Check Also

Batam Golf Adventures 2018

Batam Golf Adventures 2018

Batam Golf Adventures 2018.   Sebuah event golf tournament yang bisa dikatakan terbesar di penghujung …

6 comments

  1. Wah kerenn nih Festivalnya, jadi pengen liat langsung ke Karimun pasti kerenn

  2. Waw festival ya, seru deh kayaknya.

  3. dulu kalau di pulau pas malam tujuh likur. pasti hidupkan lampu macam ini. jadi ingat waktu lecik kecik dulu.

  4. Aku gagal nonton Festival tahun lalu…padahal seru festival lampu colok itu loh..dapat nonton bekas nya aja

  5. Kl ada kesempatan pengen maen ke karimun. Lihat lgs festival lampu colok yg pastinya keren2.

Leave a Reply