AnambasWisata

8 Rekomendasi Wisata Di Kepulauan Anambas, The Exotic Island

Wisata Anambas – Bagi kamu yang mencari destinasi wisata kepulauan yang eksotis di Indonesia yang akan kamu jalanin setelah wabah covid19 berakhir, wisata Kepulauan Anambas bisa menjadi salah satu pilihan. Kepulauan yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau ini menyimpan beragam destinasi wisata yang begitu indah, sampai-sampai wisata Kepulauan Anambas kerap mendapat julukan surga kecil di perbatasan Indonesia.

Ingin menikmati pengalaman traveling yang berbeda dari biasanya, berikut ini rekomendasi destinasi tempat wisata Kepulauan Anambas yang wajib kamu kunjungi!

Destinasi Wisata di Kepulauan Anambas

1. Air Terjun Temburun

Air Terjun Temburun | Dok. Dinas Pariwisata Kab.Anambas

Air Terjun Temburun terletak di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Timur. Air Terjun ini secara unik dikenal karena konturnya yang memiliki 7 tingkat bebatuan dan langsung bermuara ke laut. Air Terjun Temburun bisa ditempuh melalui darat dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil (± 30 Menit dari Tarempa) dan laut dengan pompong atau speedboat (± 1 Jam dari Tarempa). Aktivitas wisata yang dapat dinikmati adalah berenang, foto-foto dan trekking.

2. Pantai Padang Melang

Pantai Padang Melang | Dok. Dinas Pariwisata Kab.Anambas

Pantai Padang Melang adalah salah satu destinasi wisata di Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja. Padang Melang terkenal karena 8 Km panjang pantainya dari Letung membentang hingga Desa Bukit Padi. Aktifitas yang dapat dilakukan di pantai ini adalah berenang, volly pantai, bola kaki, snorkeling, bermain kano dan lain sebagainya.
Untuk menuju pantai ini dapat melalui jalur darat menggunakan sepeda motor atau mobil. Dengan waktu tempuh ± 10 Menit dari Letung.

3. Pantai Kusik

Pantai Kusik | Dok. Dinas Pariwisata Kab.Anambas

Pantai Kusik terletak di Desa Rewak, Kecamatan Jemaja. Pulau ini memiliki pemandangan yang indah dan sesuai untuk anda menghabiskan waktu liburan. Aktifitas-aktifitas yang dapat anda lakukan di sini adalah berenang, snorkeling, memancing, bermain sampan dan menikmati keindahan alam.

Pulau ini telah tersedia beberapa fasilitas seperti gazebo untuk wisatawan. Jika anda ingin pergi ke Pulau ini, anda dapat memilih apakah lewat darat atau laut. Dengan melalui jalur darat dari Letung, anda dapat menggunakan sepeda motor selama 30 menit. Jika melewati laut, akan memakan waktu 20 menit perjalanan.

4. Pulau Mengkian Panjang

Pulau Mengkian Panjang | Dok. Dinas Pariwisata Kab.Anambas

Pulau Mengkian Panjang ini memiliki hamparan pasir putih bersih yang di beberapa bagiannya terdapat bebatuan hitam besar. Sementara ditengah pulau ditumbuhi pepohonan yang rindang yang dapat dijadikan tempat berteduh. Keunikan Pulau ini adalah adanya savanna kecil yang tidak dijumpai di pulau lain, selain itu wisatawan juga bisa menikmati pemandangan dari atas bukit yang sangat menakjubkan.

Pulau ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan dengan hamparan terumbu karang yang masih alami dengan aneka ikan warna – warni. Tidak salah kalau Pulau ini dijadikan sebagai destinasi wisata baru terfavorit. Pulau Mengkian Panjang ini masuk dalam Nominasi Kategori Hidden Paradise API (Anugerah Pesona Indonesia) 2018.

5. Pulau Penjalin

Pantai Penjalin | Dok. Dinas Pariwisata Kab. Anambas

Penjalin adalah salah satu pulau terindah di Anambas. Tepatnya Pulau ini terletak di Desa Tebang, Kecamatan Palmatak. Pulau ini memiliki area seluas 1.552,9 Km² tersebar dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Uniknya, Penjalin memiliki teluk yang membentuk bulan sabit. Di setiap ujung pantainya terdapat bebatuan dalam berbagai bentuk. Teluk inilah yang menjadi salah satu daya tarik pulau ini.

Pulau ini memiliki area pantai yang luas untuk melakukan aktifitas seperti berenang, berjemur, snorkeling, memancing, trekking, bahkan menyelam. Jika anda ingin pergi ke pulau ini anda bisa menyewa speed boat atau pompong. Dari tarempa ke penjalin memakan waktu ± 1 jam 30 menit dengan speed boat, jika menggunakan ‘pompong’ memakan waktu lebih lama sekitar 2-3 jam perjalanan.

6. Pulau Temawan

Pulau Temawan | Dok. Dinas Pariwisata Kab.Anambas

Pulau Temawan terletak di Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur. Pemandangan di sini sangat bagus dengan bebatuan dan ekosistem pohon bakau. Sebenarnya, Temawan terdiri dari Temawan Kecil dan Temawan Besar. Letaknya sangat berdekatan. Pulau temawan memiliki air yang jernih dan tenang. Sangat nyaman untuk wisatawan menikmati pemandangan dan aktifitas di sini. Anda dapat melakukan beberapa aktifitas seperti snorkeling, menyelam, berjemur, berenang, memancing, dan berkemah.

Untuk aktifitas di sini, anda harus membawa peralatan sendiri karena tidak ada fasilitas sewa. Anda juga harus membawa makanan dan minuman sendiri karena tidak ada kios makanan di sini. Untuk pergi ke pulau ini, anda akan menempuh perjalanan 1 hingga 1 jam 30 menit perjalanan dari tarempa dengan menggunakan speed boat atau pompong. Speed boat dan pompong dapat anda temukan di pelabuhan Pemda dan menyewa dengan bermacam harga sesuai negosiasi dengan pemiliknya.

7. Pulau Rengek

Pulau Rengek | Dok. Dinas Pariwisata Kab.Anambas

Pulau Rengek letaknya tidak jauh dari Kota Tarempa sekitar 15 menit menggunakan speedboat. Pulau Rengek ini termasuk pulau yang unik karena di pulau ini banyak aktifitas yang pengunjung bisa lakukan salah satunya adalah Camping, hiking dan explore pulau karena selain pantai yang indah juga daratan di pulau ini sangat unik karna banyak terdapat pohon pohon besar nan rindang, pantainya sangat bagus untuk para pencinta snorkeling dan diving, karna struktur pantai yang indah dan terumbu karangnya masih alami disini juga bisa di jumpai banyak nemo. karena lokasi yang tidak jauh dari Ibukota Tarempa sudah dipastikan sinyal di tempat ini sangat mendukung bagi para traveler.

8. Pulau Durai

Pulau Durai | Dok. Dinas Pariwisata Kab.Durai

Berada di sebelah Barat laut pulau Tarempa, Pulau Durai tak ubahnya mutiara di Laut China Selatan yang menyimpan seribu satu keelokan, surga bagi anda penggila Wisata Bahari. Banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini, selain bermalas-malasan ditepi pantainya. Bisa snorkeling, diving, mancing hingga berjalan kaki menyusuri isi pulau.

Tapi satu yang paling ditunggu-tunggu orang ketika berada di sini adalah momen melihat penyu liar bertelur! Diketahui bahwa Pulau Durai merupakan kawasan konservasi penyu yang di miliki Kabupaten Kepualauan Anambas. Untuk menuju ke pulau ini dapat menggunakan speed boat ± 1,5 Jam dari Tarempa.

Itu dia rekomendasi destinasi wisata Kepulauan Anambas yang wajib kamu kunjungi. Setelah melihat berbagasi pesona wisata Anambas tersebut, rasanya ingin segera merasakannya langsung bukan?

Jika kamu belum tahu bagaimana cara untuk sampai ke Kepulauan Anambas, tidak perlu bingung. Kepulauan Anambas bisa dicapai melalui dua jalur, yaitu Tanjung Pinang dan Batam. Dan, rencanakan liburan ke Kepulauan Anambas setelah wabah covid19 berakhir. Informasi paket wisata anambas kamu dapat menghubungi Traveilov +62 812 7500 6080 atau reservation@traveilov.com

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button