Monday , October 22 2018
Home / Travelling Indonesia / Berwisata Padang Bukittinggi, Ini 5 Destinasi di Padang yang bisa kamu kunjungi
Berwisata Padang Bukittinggi, Ini 5 Destinasi di Padang yang bisa kamu kunjungi
Jam Gadang | Foto : steemit

Berwisata Padang Bukittinggi, Ini 5 Destinasi di Padang yang bisa kamu kunjungi

Berwisata Padang Bukittinggi, Ini 5 Destinasi di Padang yang bisa kamu kunjungi.

 

Dalam rangka mewujudkan cita-cita untuk singgah ke 34 provinsi di Indonesia dalam jangka lima tahun, dua minggu lalu saya akhirnya sampai di Sumatera Barat. Provinsi ini jadi provinsi ketiga di dataran Andalas yang saya kunjungi setelah Riau Kepulauan dan Sumatera Utara.

Destinasi Jakarta-Padang saya jalani sendiri. Berbekal tiket pesawat murah yang saya dapat di website Airy, saya menghabiskan empat hari di Padang-Bukittinggi. Barulah di Padang, saya ditemani oleh teman zaman kuliah S1 yang memang asli Minang. Untuk backpacker seperti saya, menghemat ongkos selama di kota tujuan jadi kebahagiaan tersendiri.

Kali ini saya cuma mau berbagi sedikit saja soal objek wisata yang saya kunjungi selama di Sumatera Barat. Kota Padang sendiri sebetulnya tidak terlalu banyak daya tariknya dibandingkan Bukittinggi, maka dari itu saya menyinggahi tidak hanya ibukota saja. Anyway, agar tidak terlalu lama, ini dia daftarnya.

 

1. Pantai Air Manis

Wisata ini cukup mainstream, tetapi sayang jika dilewatkan begitu saja. Bukannya apa-apa. Kisah Malin Kundang yang melegenda itu disebut-sebut benar terjadi di sini. Ketika air pantai tengah surut, saya melihat sendiri bebatuan yang menyerupai wujud manusia tengah bersujud. Terlalu kebetulan? Bebatuan di sekitarnya pun persis seperti pecahan kapal hingga ikatan tali tambang pada kapal.

Pantai Air Manis | foto : kinciakincia

 

2. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak
Pulau Cubadak | foto : idntimes

Harus diakui, wisata pulau di Padang cukup mengesankan. Masih banyak pulau-pulau cantik dan bersih yang lumayan sepi dan membuat saya betah berlama-lama. Pulau Cubadak masih menjadi favorit saya meski masih ada Sibunta, Sirandah, Pasumpahan, Sikuai, dan lain-lain. Kalau ada istilah paling tepat untuk menggambarkan pulau ini, saya cukup menyebut bahwa inilah Raja Ampat-nya Sumatera Barat.

 

3. Lawang Park

Di jantung Agam, saya melihat keutuhan magisnya Danau Maninjau. Lawang Park yang berada di ketinggian 1.210 mdpl membentangkan kebebasan menghidu dalam-dalam segarnya alam sekaligus melabuhkan penat rutinitas yang kian berat. Tempat ini sempurna dikunjungi selagi sunrise, siang, maupun sunset, selagi langit tak terlalu berawan. Bagi orang-orang yang menyukai kesunyian seperti saya, Lawang Park akan jadi salah satu tempat favorit.

Lawang Park
Lawang Park | Foto : twitter

 

4. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok
Ngarai Sianok | foto : bintang

 

5. Jam Gadang

Berwisata Padang Bukittinggi, Ini 5 Destinasi di Padang yang bisa kamu kunjungi
Jam Gadang | Foto : steemit

 

Kalau yang ini sudah pasti tidak akan dilewatkan. Ikon Bukittinggi ini bahkan sudah menempel di benak saya sejak belajar sejarah di bangku sekolah dasar belasan tahun lalu. Lokasinya persis di pusat kota. Menurut sejarah, menara jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker. Biaya pembuatannya kala itu menghabiskan dana sebesar 3.000 gulden dengan mesin jam mekanik yang hanya dibuat dua di dunia, yakni Jam Gadang dan Big Ben.

Kawasan Padang-Bukittinggi dan Sumatera Barat secara keseluruhan tentu masih menyimpan keindahan lainnya yang tak kalah menakjubkan. Namun karena keterbatasan waktu (dan biaya), saya masih belum bisa menjajaki lebih luas lagi. Walau begitu, paling tidak, tempat-tempat ini sama sekali tidak mengecewakan. Tidak percaya? Yuk buktikan sendiri dengan membeli tiket pesawat ke Padang dan melihat destinasi di sini secara langsung!

Check Also

Pesona Air Terjun Madakaripura

Pesona Air Terjun Madakaripura

Pesona Air Terjun Madakaripura. Berencana berwisata ke Jawa Timur yang memiliki eksotika yang tinggi, Mungkin …

4 comments

  1. Idaman banget destinasinya, belum jadi-jadi mau ke sana. Thank you infonya

  2. Wow…pulau cubadak cakep ya..jadi mupeng juga kesana…

  3. duh belom pernah ke Padang. Lihat postingan ini jadi pengen ke sana. Hunting tiket akh!

  4. Beuhhh kerennnn wak nih ternyata Bukit Tinggi, jadi pengen kesana

Leave a Reply