Home / Review / 2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta, Lomba Kapal Layar di Batam
2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta
2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta

2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta, Lomba Kapal Layar di Batam

2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta.

Batam Kembali Menjadi Tuan Rumah 2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2017. Event yang diselengarakan pada tanggal 20 sampai 22 Januari ini yang diselenggarakann di Nongsa Point Marina. Event ini berlokasi di perairan Nongsa ini kembali diramaikan oleh kapal layar yang berlaga di 2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2017.

Event ini diikuti oleh lebih dari 300 orang yang terdiri dari Peserta, Penonton, Supporter , Tamu Undangan dan Media selama tiga hari pelaksanaannya. Pada tahun 2017 ini merupakan tahun kedua peyelenggaraan perlombaan kapal layar yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu Yacht , Dinghy dan Radio Control Sailboat. Untuk kategori Radio Control Sailboat ini menurut info dari panitia merupakan Kategori yang diadakan pertama pada Tahun 2017

Untuk perlombaan Yacht diikuti oleh 9 tim yang pesertanya berasal dari Singapure, Selandia Baru, Amerika dan Italia. Perlombaan Dinghy di bagi 2 yaitu Laser dan Optimist yang diikuti oleh 20 peserta junior yang berasal dari Kepulauan Riau dan Banten. Peserta kategori Radio Control Sailboat diikuti oleh 6 orang yang pesertanya berasal dari Australia, Belanda dan Inggris.

9 tim yang berlaga selama tiga hari penyelenggaraan nya itu belayar dari marina menuju perairan Nongsa tempat diadakannya lomba . Perlombaan ini mendapatkan 3 pemenang harian dan 3 pemenang keseluruhan . Pemenang nya di tentuin berdasarkan penilaian pada jenis kapal yang memiliki handicap berbeda.

Pada hari terakhir tiba saat nya pengumuman pemenang . Pertandingan Yacht dimenangkan oleh tim Discover Sailing Asia Getaway Ichi disusul Quarterdeck di posisi kedua dan Waka Tere di posisi ketiga.  Kategori dinghy, pertandingan dibagi menjadi 3 yaitu optimist putra, optimist putri, dan laser. Optimis putra dimenangkan oleh Jerry, Optimist Putri dimenangkan oleh Dilla Safitri dan kategori Laser dimenangkan oleh Andini Setya yang ketiganya merupakan remaja binaan dari Riau Yacht Club, Nongsa.

Riau Yacht Club
Riau Yacht Club

Pemenang Lomba Radio Control Sailboats yaitu Geoff Shepherd menjadi pemenang pertama untuk kategori ini sementara juara kedua diraih oleh Bart Ouwerling serta juara ketiga diraih oleh Mark Biggs.

Sedikit tentang Nongsa Regatta

Prakash Reddy, Marina & Watersport Manager Nongsa Point Marina & Resort sekaligus ketua pelaksana memaparkan bahwa resort ini sudah menjadi tempat penyelenggaraan event Singapore Strait Regatta selama lebih dari 20 tahun. Namun, baru dua tahun terakhir ini Nongsa Point Marina & Resort menjadi penyelenggara atau tuan rumah event internasional ini. Ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri karena untuk menyelenggarakan regatta dibutuhkan persiapan yang matang dan melibatkan banyak pihak, ditambah lagi kegiatan ini diikuti oleh peserta dari lebih dari satu negara.

Penyelenggara mengakui bahwa terselenggarannya event 2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2017 ini tidak lepas dari kerjasama banyak pihak. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia merupakan salah satu pihak yang memberikan kontribusi besar dalam terselenggaranya kegiatan ini. Bentuk support ini juga ditunjukan dengan hadirnya jajaran tinggi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam dua tahun penyelenggaraan kegiatan ini. Tahun ini, Indroyono Soesilo selaku Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia hadir dalam makan malam bersama sekaligus penutupan 2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2017 pada 22 Januari 2017 berlokasi di Nongsa Point Marina & Resort, Batam. Tampak hadir pula dalam acara penutupan ini, Mike Wiluan selaku Presiden Direktur Nongsa Resorts serta jajaran pejabat pemerintahan Kepri dan Batam. Acara penutupan ini dihadiri oleh kurang lebih 3 orang termasuk peserta, tamu undangan, supporter dan media lokal dan nasional.

 

 

Check Also

Xpress Air

Xpress Air membuka Rute Tanjungpinang – Natuna

Xpress Air membuka Rute Tanjungpinang – Natuna.   Pada tanggal 05 Oktober 2017 kemarin Xpress …

6 comments

  1. pengen ngeliput sekolah yacht itu lho wawancara anggotanya

Leave a Reply